selamat datang para pecinta ilmu pemgetahuan

saya mencoba mendokumenkan tugas-tugas makalah yang pernah saya buat semoga bermanfaat bagi semua.....salam kenal "23Yieb"

Selasa, 10 Mei 2011

pengertian agama

Nama : Daim

NPM : 862010110001

Mata pelajaran : Study Islam Kontemporer 1

Prodi : BKI

1) Agama islam adalah agama yang di turunkan oleh Allah melalui utusannya yaitu Nabi Muhammad SAW dengan tujuan menyembah Allah SWT dan melakukan segala perbuatan dan tindakan yang sesuai dengan perintah Allah,(Takwa).Islam juga menyeruh kepada semua manusia agar memeluk agama islam kenapa? Karena agama islam adalah agama yang sempurna yang tertungan dalam peristiwa haji wada Rosulullah. Kalau kita amati agama islam benar-benar sempurna kenapa> karena dalam ajaran islam kehidupan manusia sudah diatur sedemikian rupa dalam Al Quran. Apakah itu bukan sebuah kesempurnaan?

Dan rahmatan lil’alamin yaitu merahmati seluruh makhuk yang ada di muka bumi tanpa pandang bulu dalam segala hal. Jadi islam menyuruh kita untuk saling mengasihi dan menyayangi tanpa melihat latang belakang orang yang akan kita sayangi dan dikasihi dalam makna ini islam mengajarkan agar kita saling membantu kenapa? Dalam Firman-Nya “berlomba-lombalah dalam berbuat kebaikan” apakah perbuatan di atas bukan sebuah kebaikan? maka makna “rahmatan lil’alamin” benar sekali bahwa Islam agama yang merahmati seluruh makhluk, karena dalam islam menyuruh kepada umatnya agar saling memmbanhtu dan mengasihi. Apakah perbuatan itu bukan memberikan ketenangan? Awas lho,kata “rahmat” bisa diartikan ketenangan dalam kehidupan masyarakat bisa pula kenikmatan dalam hidup.ya betul sekali bahwa islam agama yang Rahmatan lil alamin kenapa? Karena gama islam selalu membverikan kenikmatan dan ketenangan bagi pemeluknya dan orang yang hidup bersamanya walau orang itu berbeda keyakinannya.





2). Manusia diberikan oleh Allah berupa akal, bagi yang mensyukuri apa yang kita miliki maka kita akan mendapatkan derajat yang tinggi, kenapa? Karena akal merupakan pembeda dengan makhluk ciptaan Allah. Barang siapa yang tidak menggunakan akalnya maka ia seperti binatang. Dengan akal kita bisa mengusai dunia dan bisa meraih sebuah kebahagian dunia maupun akhirat seperti dalah hadits : Barang siapa yang mengharapkan kebahagian di dunia maka harus dengan ilmu. Barang siapa yang mengharapkan kebahagian di akhirat maka dengan ilmu, Dan barang siapa yang mengharapkan kebahagian di dunia dan akhirat maka dengan ilmu. Dari uraian di atas bahwa akal sangat penting bagi manusia. Tapi masalahnya akal tidak cukup untuk bisa mendapatkan kebahagian yang dijelaskan di atas.Akal disini adalah ilmu pengetahuan jadi ilmu pengetahuan tanpa agama akan buta.( Benar menurut einstan). Nah sekarang kita kaitkan dengan peran takwa dan iman. Ya, sangat menentukan segala tindak tantuk akal.

Manusia pintar banyak, apakah sudah bisa memberikan kontribusi yang bermanfaat bagi kesejahteraan manusia lain? Tudak kan! Masih banyak yang korupsi dll. Kenapa begitu? Karena yang digunakan adalah akalnya saja, coba kalau hati ( iman dan takwa ) diintegrasikan dengan akal maka tidak ada koruptor. Kenapa karena dalam hati koruptor tertanam keimanan maka ia akan mengerti dengan hukum Allah. Jadi mau melakukan kesalahan pasti hatinya menolak karena Allah selalu melihatnya.



3). Persamaannya bahwa HAM adalah suatu hak-hak yang sudah ada sejak seorang masih dalam kandungan yang diberikan oleh Allah kepada seluruh manusia. jadi Allah memberikan hak-hak penuh kepada manusia berupa apa saja yang diinginkan oleh manusia. Seperti dalam Firman-Nya :” Allah tidak akan merubah keadaan suatu kaum sebelum kaum itu yang merubahnya” apakan itu bukan sebuah kebebasan dalam meniti kehidupannya? Mungkin itu dalam segi individu tapi ada yang dalam kontek sosialnya yaitu : “Agamamu dan agamaku” kalau kita amati maka kita secara tidak langsung memiliki hak untuk menentukan agamanya. Nah itu baru dalam segi islamnya kalau dari segi baratnya setiap manusia dari lahir sudah memiliki hak untuk menentukan hidupnya. Kalau kita tarik benang merahnya maka kita akan menemukan persamaannya yaitu memiliki hak sebuah kebebasan dalam segala hal selama hak itu tidak keluar dari aturan yang ada.

Perbedaannya HAM dalam pandangan barat dengan HAM dalam pandangan islam adalah bahwa HAM dalam pandangan barat adalah bepusat pada manusia, sehingga kadar kebenarannya adalah menurut manusia, jadi apabila ada sebuah masalah dalam kehidupan sosialnya maka kadar kebenaran yang di pake yang harus sesuai dengan masalah yang dihadapi dalam lingkungan itu. Contoh orang barat dalam mengkaji tentang alam ia akan menjelaskan asal usul alam itu dengan batasan logika manusia(orang barat) kalau orang barat diberikan alasannya berupa dalil-dalil ketuhanan (Allah) maka mereka akan menolak, Kenapa? Karena kebanyakan orang barat tidak mempercayai adanya Allah. .kalau HAM dalam pandangan islam adalah segala hak-hak yang diberikan oleh allah kepada manusia. Jadi hak-hak itu kadar kebenarannya muklak milik Allah maka manusia tidak bisa mengelak. Dalam islam riba itu haram kenapa? Karena sudah ada dalam nashNya maka hak manusia dalam hal berdagang harus jangan merugikan orang lain. Kalau kita lihat para Kapitalisme, apakah mereka tahu akan riba? Tidak kan kenapa kerena ia berlandasanyanya aturan- aturabn yang dibuat oleh orang barat sedangkan orang barat tidak mempercayai Allah. Ya otomatis mereka riba dalam berdagang ya dianggap biasa saja.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar