selamat datang para pecinta ilmu pemgetahuan

saya mencoba mendokumenkan tugas-tugas makalah yang pernah saya buat semoga bermanfaat bagi semua.....salam kenal "23Yieb"

Minggu, 01 Januari 2012

makalah mengingat Psikologi umum

MAKALAH
MENGINGAT
Diajukan untuk memenuhi tugas mata kuliah Psikologi Umum
Semester III
Dosen pembimbing :
Ruswa, S. Ag. M.Pd. I







Disusun oleh :
DAIM

BIMBINGAN KONSELING ISLAM
FAKULTAS AGAMA ISLAM
UNIVERSITAS WIRALODRA INDRAMAYU
2011/2012


KATA PENGANTAR

Puji dan Syukur kepada Allah Yang Maha Esa dan Maha Kuasa, Pengusa segala kerajaan seluruh alam di langit dan bumi, Shalawat dan Salam tetap tercurah kepada Rasullallah Muhammad SAW.
Dalam pembahasan kali ini saya hanya menjelaskan tentang mengingat. Dalam hal ini mengingat itu sebuah kegiatan berpikir pada saat ini yang menjadi objeknya masa lampau. Bukan hanya seperti itu ta[i mengingat juga terbagi dalam beberapa ragam yang mungkin selengkapnya saya jelasskan pada bab selanjutnya.
Penulis sampaikan rasa terima kasih kepada Kepada Bapak Ruswa, S.Ag.. M.Pd. I.,selaku dosen pembimbing mata kuliah psikologi umum yang sudah menyempatkan waktunya untuk membimbing kami supaya mengerti ilmu psikologi umum
Semoga makalah ini bermanfaat, Penulis memohon ridho serta berkah dari Allah, kami meminta maaf dan terimaksih dari pemerhati serta saran dan kritik kami nantikan.

DAFTAR ISI

KATA PENGANTAR............................................................. v
DAFTAR ISI...................................................................... ..... vi
BAB I : PENDAHULUAN...................................................... vii
BAB II : PEMBAHASAN
A. Pengertian mengingat..................................................... 1
B. Bentuk mengingat........................................................... 1
C. Cara mengingat.............................................................. 2
BAB III : PENUTUP
A. Kesimpulan.................................................................... 4
DAFTAR PUSTAKA.............................................................. 5




BAB I
PENDAHULUAN
Dalam kehidupan banyak sekali ilmu yang perlu kita dapatkan, ada sebuah syair “ ilmu Allah seperti air laut, sedangkan tintanya sekecil jarum” nah kalau kita resapi begitu besar ilmu Allah. Mungkin saya hany sedikit sekali mengutip sebuah ilmu psikologi umum yang mengenai tentang “ Mengingat” dalam mengingat juga ada caranya yang bisa kita pelajari. Sebelum mempelajari tentang ilmu mengingat alahkah baiknya kita tahu terlebih dahulu tentang pengertian mengingat agar kita terarah dalam menyimpulkan materi mengingat.
Dalam hal ini mengingat merupakan kegiatan pikiran yang mencoba mengungkapkan kembali tentang kejadian yang sudah dialami atau dipelajari. Ada bentuk mengingat yang dalam hal ini saya membaginya menjadi tiga, sederhana, sulit, sangat sulit adapun cara mengingat saya bagi menjadi lima : Rekoleksi, Pembauran ingatan, Memanggil kembali ingatan, Rekognisi, Mempelajari kembali. Mungkin hanya itu dan saya sengaja dalam kesimpulan pembahasanya lebih sempit karena penjelasnya saya jelasskan pada bab selanjutnya.

BAB II
PEMBAHASAN

A. Pengertian Mengingat
Mengingat adalah tingkah laku manusia yang selalu diperoleh pengalaman masa lampau yang diingatnya.
Mengingat dapat didefinisikan sebagai pengetahuan sekarang tentang pengalaman masa lampau.
B. Bentuk-bentuk Mengingat
1. Bentuk rekognisi adalah mengingat sesuatu apabila sesuatu itu dikenakan pada indera. Merupakan Bentuk yang paling sederhana Misalnya, kita mengingat wajah kawan, komposisi musik, lukisan, dan sebagainya.
2. Bentuk recall. Kita me-recall sesuatu apabila kita sadar bahwa kita telah mengalami sesuatu di masa yang lalu, tanpa mengenakan sesuatu itu pada indera kita. Recall merupakan Bentuk mengingat yang lebih sukar Misalnya, kita me-recall nama buku yang telah selesai kita baca minggu lalu.
3. Mengingat dengan cukup tepat untuk memproduksi bahan yang pernah dipelajari. Bentuk ini merupakan mengingat yang dikategorikan lebih sukar lagi. Misalnya anda mengenal kembali (rekognisi) sebuah nyanyian dan ingat juga bahwa anda pernah mempelajari nyanyian itu (recall), tetapi apakah anda menyanyikannya kembali (reproduksi)?
4. Bentuk mengingat yang keempat ialah melakukan (performance) kebiasaan-kebiasaan yang sangat otomatis.
Apabila kita melakukan rekognisi, recall, reproduksi ataupun performance, pertama-tama kita harus memperoleh materinya. Memperoleh materi merupakan langkah pertama dalam keseluruhan proses yang bertitik puncak pada mengingat.
Suatu bentuk memperoleh materi tertentu dikaitkan dengan tiap bentuk mengingat. Untuk merekognisi dan me-recall, seseorang harus mempersepsi, sedangkan untuk memperoduksi, seseorang harus membentuk kebiasaan. Karena itu, seseorang perlu belajar.

C. Cara-cara Mengingat
Ada beberapa cara untuk mengingat kembali hal-hal yang sudah pernah diketahui sebelumnya.
1. Rekoleksi, yaitu menimbulkan kembali ingatan suatu peristiwa, lengkap dengan segala detail dan hal-hal yang terjadi di sekitar tempat peristiwa yang terjadi pada masa lalu. Misalnya: seorang pria mengingat peristiwa pertama kali ia pergi dengan seorang gadis.
2. Pembauran ingatan, hampir sama dengan rekoleksi, tetapi ingatannya hanya timbul kalau ada hal yang merangsang ingatan itu. Misalnya dalam contoh di atas ingatan timbul setelah pria tersebut secara kebetulan berjumpa kembali dengan gadis yang bersangkut.
3. Memanggil kembali ingatan, yaitu mengingat kembali suatu hal, sama sekali terlepas dari hal-hal lain di masa lalu. Misalnya, mengingat sajak. Yang diingat di sini hanya sajaknya saja, tetapi pada suatu saat apa saja yang dipelajari untuk pertama kalinya, tidak diperhatikan lagi.
4. Rekognisi, yaitu mengingat kembali suatu hal setelah menjumpai sebagian dari hal tersebut. Misalnya ingat suatu lagu, setelah mendengar sebagian dari nada lagu tersebut.
5. Mempelajari kembali, terjadi kalau kita mempelajari hal sama untuk kedua kalinya, banyak hal-hal yang akan diingat kembali, sehingga tempo belajar dapat menjadi jauh lebih singkat.




















BAB III
PENUTUP

A. Kesimpulan

Mengingat adalah tingkah laku manusia yang selalu diperoleh pengalaman masa lampau yang diingatnya. Menurut saya, mengingat merupakan kegiatan berpikir tentang apa yang pernah kita dapatkan yang dimulai oleh sebuah kejadian yang mirip atau hal-hal yang lain yang sepertinya pernah dialami oleh seseorang. Jadi mengingat merupakan kegiatan sekarang yang menerangkan atau menggambarkan kejadian massa lalu. Mungkin ada beberapa bentuk mengingat yang terbagi menjadi tiga, sederhana, sulit, sangat sulit adapun cara mengingat saya bagi menjadi lima : Rekoleksi, Pembauran ingatan, Memanggil kembali ingatan, Rekognisi, Mempelajari kembali. Mungkin hanya itu dan saya sengaja dalam kesimpulan pembahsaanya lebih sempit karena penjelasnya dalam pembahasan sangat mudah di pahami jadi dalam kessimpulan saya hanya itu mengingat pokok-pokoknya saja.









DAFTAR PUSTAKA


http://www.tugaskuliah.info/2009/06/makalah-psikologi-umum-berpikir-dan.html
Fauzi, Ahmad Drs. H. 1999. Fakultas Tarbiyah Komponen MKDK. Bandung. Penerbit Pustaka Setia.

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar